Persiapkan Motormu Sebelum Mudik

Publikasi : 19 April 2022

Pemerintah telah memberi lampu hijau bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik ke kampung halaman pada libur hari Raya Idul Fitri tahun ini. Tentunya banyak masyarakat yang antusias merencanakan perjalanan mudik.


Meski pemerintah sudah mengeluarkan imbauan agar masyarakat tak mudik menggunakan sepeda motor sejak beberapa tahun lalu.


Namun jika terpaksa menggunakan sepeda motor, alangkah bijaknya untuk melakukan beberapa persiapan dan pemeriksaan sepeda motor supaya perjalanan jadi lebih aman dan nyaman sampai kampung halaman, diantaranya :


Sistem Pengereman

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada sistem pengereman untuk memastikan seluruh bagian ini masih dalam kondisi normal dan berfungsi dengan baik. Seperti kampas rem, piston, cakram, handel rem, kaliper rem, dan minyak rem.

Jika secara visual kampas rem terlihat aus dan menipis serta volume minyak rem berkurang dari level standarnya, maka segera lakukan penggantian kampas dan minyak rem. Kemudian jika tuas rem dirasa tak bekerja dengan normal saat dioperasikan, maka segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan agar sistem pengereman bisa bekerja secara baik dan sempurna.


Sistem Penerangan

Periksa semua kondisi lampu, baik lampu depan, lampu belakang, lampu rem dan juga lampu sein. Pastikan lampu dan saklarnya berfungsi dan dalam kondisi baik.


Rantai/CVT

Jika motor tipe bebek atau sport, maka periksa kondisi rantai dan girnya, apakah ada tanda keausan seperti rantai tidak kencang, tak bergerak dengan lancar atau link - link rantai sudah banyak yang longgar serta mata gir terlihat mulai meruncing.

Jika tanda tersebut terlihat, maka gantilah gir dan rantai dengan yang baru agar performa motor lebih baik dan sepeda motor siap diajak melakukan perjalanan jauh.

Sedangkan untuk motor skutik, maka lakukan pemeriksaan kondisi CVTnya. Seperti komponen pulley, roller serta drive beltnya. Jika drive pulley terlihat banyak penumpukan kotoran maka bersihkan sampai tidak ada lagi kotoran pada area drive pulley. Untuk drive belt pastikan tidak nampak adanya retak-retak dan tidak mulur.

Lalu pastikan roller tidak nampak ada penyokan. Jika tanda – tanda keausan tersebut terlihat, maka gantilah dengan komponen yang baru.


Ban

Pastikan ban depan dan belakang masih dalam kondisi baik. Periksa dan pastikan kembangan ban masih tebal dan tidak ditemukan retakan pada dinding ban.

Indikator ketebalan ban bisa dilihat pada benjolan yang ada di sela-sela kembangan. Jika permukaan ban hampir atau sudah rata dengan benjolan tersebut, segera lakukan penggantian. Posisi benjolan bisa ditemukan dengan menarik garis lurus dari tanda segi tiga atau Treat Wear Indicator yang ada di sisi ban.

Jangan lupa untuk memastikan tipe, ukuran, serta tekanan angin ban sudah sesuai standar rekomendasi pabrikan.


Sistem Injeksi

Untuk mengetahui kondisi sistem injeksi bekerja dengan baik, bisa dilihat dari lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) di bagian panel meter.

Jika indicator MIL menyala atau berkedip, segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan.


Busi

Periksa dan pastikan bagian elektroda busi masih dalam kondisi baik agar proses pembakaran di dalam ruang bakar tetap sempurna. Jika busi nampak kotor dan berwarna hitam serta ujung elektrodanya sudah aus, gantilah dengan busi yang baru.

Sebagai tambahan informasi, kondisi ujung busi juga bisa dijadikan sebagai diagnosa awal kondisi ruang bakar, apakah proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara terjadi dengan sempurna atau tidak.


Oli

Karena akan melakukan perjalanan jauh, gantilah oli mesin sesuai dengan spesifikasinya agar komponen mesin dapat bekerja dengan sempurna.

Ingat, fungsi oli adalah sebagai pelumas agar mengurangi gesekan antar komponen dalam sepeda motor. Selain itu oli juga berfungsi sebagai peredam getaran dan pendingin agar mesin tetap bekerja pada suhu ideal.


Filter Udara

Lakukan pemeriksaan dan pembersihan pada bagian filter udara. Jika filter masih dalam kondisi bagus, maka cukup lakukan pembersihan. Tapi jika kondisi filter sudah jelek, kotor dan rapuh, ada baiknya lakukan penggantian.

Filter udara berfungsi menyaring kotoran agar tidak masuk bersama udara ke dalam mesin. Jika filter terlalu kotor maka akan menghambat udara yang masuk ke ruang bakar, akibatnya pembakaran di ruang bakar jadi tidak sempurna.

Apabila kotoran ikut masuk ke dalam ruang bakar, maka bisa mengakibatkan cepat ausnya komponen cylinder dan piston.


Aki/battery

Pastikan aki atau battery dalam keadaan baik serta pastikan juga tegangan aki sesuai dengan standar pabrikan.

Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor masih dalam kondisi prima, bawalah sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh dari mekanik Honda berpengalaman. Jika ada komponen yang harus diganti, maka gantilah dengan Honda Genuine Part.

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/persiapkan-motormu-sebelum-mudik


Bagikan

KOMENTAR

* Wajib di isi
Terpopuler
Arsip
Tags

Follow Us On Twitter

Like Us On Facebook