Pengguna Motor Kopling Wajib Tahu Cara Ini saat Kondisi Jalan Macet

Publikasi : 29 September 2023

SERANG - Mengendarai sepeda motor di jalan raya tentu butuh keahlian khusus. Mungkin bagi pemula, berkendara dengan mengugunakan motor kopling cukup sulit, apalagi pada saat keadaan macet.


Bagi pemula yang menggunakan motor kopling, pasti pernah mengalami mesin mati lantaran tidak terbiasa. 

Agar motor tidak mati saat macet, hal yang pertama harus dilakukan adalah lepas kopling, lalu buka gas perlahan. Setelah itu BroSis bisa melakukan pemindahan gigi.


Sebelum melakukan pemindahan gigi pada motor kopling, pastikan bahwa tuas kopling ditarik dengan penuh sebelum gigi atau transmisi dipindahkan. Pada saat Gigi sudah berpindah, lepaskan tuas kopling perlahan agar Laju kendaraan berjalan dengan mulus tanpa ada hentakan. Jangan pernah melakukan kebiasaan menggunakan tuas kopling setengah karena akan mengakibatkan komponen pada kopling menjadi cepat Aus atau rusak sehingga mengakibatkan fungsi dari kopling tersebut bermasalah.


Saat sedang dalam perjalanan menanjak pastikan gigi atau transmisi berada pada posisi gigi rendah yaitu pada posisi gigi 1. Pada saat macet pastikan tangan dan kaki berada pada handle dan pedal rem sambil menarik tuas kopling, pastikan tidak menekan kopling setengah karena bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen.


Begitu pula pada saat sedang berkendara dalam kondisi turunan pastikan motor sedang berada pada kondisi gigi atau transmisi paling rendah yaitu di gigi 1. Selain berfungsi untuk keamanan, posisi ini dapat membantu pengereman pada saat berkendara di turunan atau bisa disebut sebagai engine brake, sekali lagi pastikan tuas kopling dilepas penuh. Jangan pernah mengoperasikan tuas kopling setengah karena fungsi dari engine brake tidak akan bekerja dengan baik. 


Instruktur Safety Riding Honda Banten, Opan Sopandi, mengatakan bahwa persiapan sebelum melakukan riding juga perlu diperhatikan demi keselamatan di jalan raya. 


“Persiapan sebelum berkendara yang harus diperhatikan pertama adalah pemanasan tubuh dengan melakukan gerakan-gerakan ringan kurang lebih sekitar 10 menit. Kedua melakukan pemeriksaan pada sepeda motor terutama bagian-bagian yang terkait dengan safety, seperti pemeriksaan rem, lampu-lampu, ban, serta fungsi kopling dapat bekerja dengan normal. Berikutnya adalah memastikan oli pada sepeda motor dalam kondisi bagus serta bahan bakar yang cukup untuk melakukan riding atau berkendara,” Ujar Opan. 


“Pastikan juga sebelum berkendara kondisi badan dalam keadaan sehat dan bugar tidak dalam keadaan dibawah pengaruh alkohol atau sedang emosi, patuhi rambu-rambu lalu lintas serta berkendara sepeda motor pada jalur kiri agar tidak membahayakan pengendara lain dan tetap #cari_aman,” tutup Opan.

Bagikan

KOMENTAR

* Wajib di isi
Terpopuler
Arsip
Tags

Follow Us On Twitter

Like Us On Facebook