Fungsi Memanaskan Sepeda Motor

Publikasi : 29 April 2023

Selain cara menggunakan sepeda motor dengan benar, perawatan sepeda motor juga perlu diperhatikan agar performa mesin tetap optimal ketika digunakan. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pemilik sepedamotor adalah memanaskan mesin motor setiap pagi. Hal ini guna membuat mesin sepeda motor tetap awet sekaligus membuat kondisi motor tetap prima. 

Memanaskan mesin sepeda motor merupakan hal yang cukup umum didengar di masyarakat. Lantas, apakah fungsi sebenarnya memanaskan sepeda motor setiap pagi? 

Berikut ini merupakan fungsi dari memanaskan sepeda motor setiap pagi: 


1. Sirkulasi Oli ke Mesin 

Memanaskan sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik. 


2. Charge Aki 

Sepeda motor yang jarang digunakan menjadikan aki motor perlu di-charge agar tidak ngedrop, dengan menyalakan sepeda motor membantu aki melakukan charging otomatis ketika sepeda motor telah langsam 


3. Suhu Kerja Ideal 

Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap untuk digunakan. 

Tapi seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor seperti hadirnya teknologi PGM-Fi, membuat pemilik sepeda motor tak perlu lagi memanaskan mesin setiap pagi. Karena teknologi PGM-Fi dilengkapi dengan sensor-sensor pendukung yang membuat kinerja mesin jadi lebih sempurna. 

Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap diperbolehkan melakukan pemanasan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan. Seperti cukup nyalakan motor dan diamkan beberapa saat tanpa harus memutar-mutar tuas gas. Atau ketika motor sudah lama tidak digunakan sehingga butuh perlakuan khusus agar mesin sepedamotor dapat kembali normal setelah lama tidak digunakan. 

Untuk mempertahankan kondisi sepeda motor tetap prima, jangan lupa untuk memercayakan perawatan sepeda motor Honda di AHASS terdekat, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya serta yang tak kalah penting, suku cadang yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking servis dan layanan kunjung agar bebas antri.


https://www.astra-honda.com/article/fungsi-memanaskan-sepeda-motor

Bagikan

KOMENTAR

* Wajib di isi
Terpopuler
Arsip
Tags

Follow Us On Twitter

Like Us On Facebook