Yuk Ketahui Mesin eSP+ di Sepeda Motor Honda

Publikasi : 4 Juli 2022

Inovasi dan perkembangan teknologi sepeda motor terus berkembang. Salah satu inovasi paling mutakhir dari Honda adalah Enhanced Smart Power atau biasa disebut eSP.


Teknolohi eSP pertama kali diperkenalkan di tahun 2013 pada sepeda motor BeAT. Teknologi ini merupakan rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda.


Dengan teknologi ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang sia-sia. Berkat teknologi eSP membuat motor matic Honda jadi lebih irit bahan bakar, mesin lebih halus dan menghasilkan tenaga lebih baik.


Pada tahun 2022, inovasi baru diperkenalkan Honda dengan munculnya teknologi eSP+. Dibanding generasi eSP sebelumnya, eSP+ mampu membuat kerja mesin motor matic jadi lebih sempurna. Penyempurnaan itu terjadi karena perubahan pada komponen internal mesin yang cukup banyak.


Tujuan Pengembangan Teknologi eSP+


Ada dua tujuan utama dalam pengembangan teknologi eSP+ yaitu meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik dan mengurangi friksi atau gesekan.


Pengembangan pada mesin eSP+ adalah perubahan mesin yang telah menggunakan empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet hingga crankshaft yang lebih rigid.


Di ruang filter pun terdapat rectifire atau penyearah yang berfungsi untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar, sekaligus mengurangi turbulensi.


Teknologi eSP+ pertama kali diimplementasikan pada sepeda motor PCX 160 yang kemudian digunakan juga pada Vario 160.


Dampak positif dari pengaplikasian teknologi eSP+ membuat akselerasi terasa lebih baik dibanding generasi sebelumnya, serta tidak ada gejala gredek di putaran awal, sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan yang relatif rendah.


Untuk menjaga mesin dan performa sepeda motor tetap optimal, jangan lupa lakukan perawatan secara berkala di AHASS terdekat agar sepeda motor mendapatkan Servis Pasti Dari Yang Ahli. Manfaatkanlah layanan Booking Service atau Layanan Kunjung AHASS untuk kebebasan waktu service.



https://www.astra-honda.com/article/yuk-ketahui-mesin-esp-di-sepeda-motor-honda

Bagikan

KOMENTAR

* Wajib di isi
Terpopuler
Arsip
Tags

Follow Us On Twitter

Like Us On Facebook