Merawat Knalpot itu Mudah

Publikasi : 29 November 2022

Knalpot merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai sistem pembuangan gas hasil pembakaran di ruang mesin.


Knalpot dibangun dengan menggunakan beberapa komponen yang dirancang untuk mengurangi kadar polusi zat beracun dan mengurangi tingkat kebisingan suara. Selain itu, sistem pembuangan juga membantu meningkatkan aspek kinerja output mesin.


Namun knalpot jadi bagian yang rawan terserang korosi dan karat karena posisinya yang sangat mudah terkena kotoran. Karena itu penting dilakukan perawatan supaya kondisi dan kinerjanya tetap optimal. Pasalnya, jika knalpot sepeda motor tidak dalam kondisi baik seperti bocor, akan mempengaruhi kinerja output tenaga mesin dan meningkatkan kebisingan suara.


Jika dibiarkan terus menerus bisa merembet ke komponen lain dan tentunya berpotensi memperpendek usia pakai motor. Menggunakan knalpot bocor juga punya resiko konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros.


Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk merawat dan menjaga knalpot agar tetap dalam kondisi baik :


Rutin Dibersihkan


Rutin membersihkan knalpot khususnya pada bagian leher knalpot akan menjaga komponen tersebut tetap dalam kondisi baik, terlebih setelah berkendara di bawah hujan.


Kandungan asam pada air hujan dapat mempercepat proses korosi. Selain itu, kotoran seperti debu dan lumpur yang menempel dalam waktu lama juga akan mempercepat timbulnya karat.


Jadi rutinlah membersihkan atau mencuci sepeda motor agar seluruh komponen yang mudah terkena kotoran dalam keadaan bersih. Gunakan cairan pembersih netral yang tidak bersifat abrasif. 

 

Periksa Kebocoran


Pemeriksaan kebocoran pada knalpot, baik pada dinding knalpot atau sambungan baut. Pastikan baut pengikat terpasang dengan kencang. Sebab baut yang kendor bisa menyebabkan kebocoran dan beberapa masalah lain.


Lakukan Service Berkala


Service berkala yang dilakukan secara rutin di bengkel AHASS terdekat akan menjaga sepeda motor selalu dalam kondisi prima. Selain itu, pemilik sepeda motor juga akan mengetahui komponen apa saja yang mengalami gejala kerusakan sehingga potensi timbulnya masalah pada sepeda motor bisa dicegah lebih awal.

Bagikan

KOMENTAR

* Wajib di isi
Terpopuler
Arsip
Tags

Follow Us On Twitter

Like Us On Facebook