Jangan Abaikan Hal Ini Jika Mau Motor Awet

Publikasi : 20 September 2022

Serang - Penggunaan motor saat ini menjadi andalan sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai mode transportasi. Sepeda motor menjadi alternatif berkendara praktis baik untuk pria maupun wanita. Sayangnya, banyak pengguna yang menyepelekan cara merawat motor. Tak sedikit dari pengguna yang hanya tahu cara mengendarai saja, urusan perawatan biasanya diserahkan pada bengkel. 


Deyuga Kharisma, Technical Service Division PT.Mitra Sendang Kemakmuran mengatakan, seringkali pengguna mengabaikan hal-hal sederhana karena dianggap tidak akan berpengaruh pada motor. Padahal jika diabaikan, efeknya bisa fatal dan berbahaya tak hanya bagi motor tapi juga keselamatan pengendara. 


“Beberapa hal yang sering dilupakan dan efeknya akan fatal. Otomatis ketika sudah fatal akan berpengaruh terhadap keawetan part lainnya, maka cost yang dikeluarkan pun akan lebih mahal. Sudah bahaya ditambah akan lebih boros pengeluaran,” katanya



Padahal perawatan sederhana bisa lakukan sendiri di rumah untuk meminimalisir kerusakan pada kendaraan. Berikut hal ringan yang harus diperhatikan agar kendaraan tetap awet :


• Rutin panaskan motor

Sebelum digunakan, motor perlu dipanaskan. Tidak perlu lama, cukup 30 detik hingga 1 menit saja, karena motor-motor modern sirkulasi olinya sudah lebih advance. Memanaskan motor terlalu lama juga bisa mengakibatkan mesin over heat karena tidak mendapat pendinginan. 


• Ganti oli secara berkala

Untuk menjaga performa mesin tetap optimal, kamu harus rutin mengganti oli kendaraan. Meskipun jarang digunakan, oli wajib diganti. ketika oli sudah terkena udara kualitasnya tidak akan sama ketika masih didalam kemasan (baru). Jika motor sering dipakai minimal ganti oli 2 bulan sekali, jika motor jarang digunakan minimal ganti oli 4 bulan sekali.


• Penggunaan Rem

Sering dijumpai di jalan, pengguna motor matic yang menahan tuas rem saat motor sedang berjalan. Hal ini sangat tidak disarankan karena akan membebani kerja rem dan juga berpengaruh terhadap komponen CVT yang akan cepat rusak. Penggunaan rem yang terlalu sering bisa membuat tingkat kepakeman menjadi berkurang dan dapat membahayakan pengguna. 


Mulai sekarang jangan abaikan hal-hal ‘sepele’ agar motor tetap awet. Jika motormu mengalami kendala, jangan lupa datang ke bengkel resmi AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan maksimal dari tenaga professional.

Bagikan

KOMENTAR

* Wajib di isi
Terpopuler
Arsip
Tags

Follow Us On Twitter

Like Us On Facebook